HTPC (Home Theater PC)

Posted: 10 Mei 2011 in Techno
Tag:, , , , , ,

Home theater PC (HTPC) atau juga disebut media PC adalah sebuah perangkat yang menggabungkan fungsi sebagai PC (personal computer dan digital video recorder). Biasanya terhubung dengan TV, sebagai display utama menggantikan monitor. Biasa dimanfaatkan untuk kepentingan menyimpan file digital photo,music,video,TV receiver dan sebagai digital video recorder.

HTPC memiliki semua kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh pc biasa ditambah kelebihan – kelebihan lainnya dalam hal multimedia. Dengan menggunakan HTPC, memungkinkan kita untuk bermain game; menonton TV; memutar film, musik, video, dan file – file multimedia lainnya; streaming video; internetan; dan sebagainya hanya menggunakan 1 perangkat. Sungguh memanjakan sekali bagi penggunanya.

Prinsip utama dalam membangun sebuah HTPC adalah hemat daya, ringkas, dan sunyi. Jadi, HTPC membutuhkan suatu standar spesifikasi sesuai dengan hasil atau kegunaan dari HTPC yang diinginkan. Pemilihan komponen menjadi bagian penting dalam hal ini. Berikut cara memilih komponen – komponen dalam merakit sebuah HTPC.

1. Processor

Processor menentukan daya atau kemampuan dari HTPC tersebut. Selain itu, processor juga menentukan kegunaan dari HTPC itu nantinya. Jika hanya digunakan untuk streaming atau sekedar menonton video atau film, cukup menggunakan intel atom atau processor sejenis lainnya. Tapi, jika diinginkan HTPC yang sanggup untuk bermain game – game berat, maka processor yang digunakan juga harus disesuaikan. Kita bisa menggunakan processor intel core (i3/i5/i7) atau amd phennom atau athlon II series. Namun, pilihan terakhir ada di tangan anda karena kemampuan processor sebanding dengan harganya.

2. Motherboard

Motherboard yang digunakan harus mempunyai ukuran yang kecil. Karena, ukuran motherboard menentukan ukuran casing yang akan digunakan. Selain itu, pertimbangan dalam memilih motherboard adalah mengenai daya tahan atau masa pakai motherboard tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dapat digunakan motherboard – motherboard yang menggunakan platform micro ATX atau mini ITX keluaran merk – merk besar, seperti Intel, Asus, Gigabyte, dan sebagainya.

3. Casing

Casing yang digunakan dalam membangun HTPC harus memiliki ukuran yang kecil dan tampilan yang menarik agar pantas ditampilkan atau dipajang di meja tv. Casing ATX sangat tidak direkomendasikan karena ukurannya yang terlampau besar. Casing Micro ATX dan Mini ITX dapat dijadikan pilihan utama. Untuk model, beberapa vendor casing juga sudah mengeluarkan casing – casing yang dikhususkan untuk membangun HTPC. Biasanya casing – casing tersebut juga sudah dilengkapi dengan  remote control khusus.

4. Video Graphics Adaptor (VGA) card

Vga card menentukan kemampuan grafis dari sebuah HTPC. Sebaiknya dipilih vga add on yang sudah mendukung HD agar dapat menghasilkan kualitas grafis yang maksimal. Pilihannya dapat digunakan vga ATI Radeon atau Nvidia.

5. Sound Card

Sound card digunakan untuk menghasilkan kualitas output suara yang maksimum untuk mengimbangi tampilan grafisnya. Sebaiknya dipilih sound card yang sudah mendukung 5.1 atau 7.1 audio output. Sound Card ini juga harus diimbangi oleh speaker digunakan. Sebaiknya dipilih sesuai dengan dengan kemampuan maksimal dari sound card.

6. Harddisk

Harddisk yang digunakan sebaiknya memiliki kapasitas yang cukup besar karena akan digunakan untuk menyimpan file – file audio dan video dalam jumlah besar. Kapasitas yang digunakan bisa 500 GB, 1 TB, 2 TB, dan lain – lain. Namun semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaan HTPC tersebut.

7. Memory (RAM)

Ram dapat digunakan DDR2 atau DDR3  yang berkapasitas 2 GB, 4 GB, atau lebih. Pilihan Ram harus disesuaikan dengan spesifikasi motherboard.

8. Layar Monitor

Layar dapat menggunakan  LCD / LED monitor atau TV. Sebaiknya dipilih yang sudah mendukung format HD. Untuk ukuran,disesuaikan dengan kebutuhan anda.

9. Optical Drive

Optical drive yang dapat dipilih adalah blue ray drive atau DVD rw.

10. Komponen tambahan

Komponen tambahan yang diperlukan misalnya TV tuner (untuk menangkap siaran tv, baik digital, analog atau lewat satelit), UPS (untuk menjaga kestabilan listrik dan power cadangan bila terjadi pemadaman listrik), Wifi adaptor, Bluetooth adaptor, Mouse dan keyboard wireless, Joystick wireless, dan lain – lain. Komponen ini tidak bersifat mutlak, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan HTPC.

Ada satu hal lagi yang hampir kelupaan, yaitu mengenai software yang akan digunakan. Untuk masalah software, ada beberapa pilihan. Bisa menggunakan windows atau linux. Untuk windows, ada Windows Media center. Aplikasi ini sudah cukup mumpuni untuk pemutaran file – file multimedia. Sedangkan jika ingin menggunakan linux, kita bisa memilih distro – distro populer linux ataupun distro – distro linux yang dikhususkan untuk HTPC, seperti: Geexbox. MythTV, MythBuntu, dan sebagainya. Untuk programnya bisa menggunakan XBMC atau Media Portal. Program – program tersebut tak hanya bisa digunakan pada linux, tetapi juga bisa digunakan pada windows dengan versi sendiri.

Semua panduan pilihan di atas dapat anda sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anda. Jadi, pilihan semua ada di tangan anda.

(Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s