Tips n trik bongkar laptop sendiri

Posted: 20 Mei 2012 in Techno
Tag:

Laptop sekarang ini bukan lagi menjadi barang mewah, bahkan telah menjadi suatu kebutuhan, terutama bagi mahasiswa seperti saya. Laptop jadi kebutuhan yang tak terpisahkan dalam mengerjakan tugas dan multimedia. Tapi, seperti barang elektronik lainnya, suatu saat laptop pasti akan mengalami suatu masalah, baik hardware maupun software atau bahkan casing dari laptop itu sendiri. Kalau sudah terjadi masalah, mau tak mau harus di bawa ke tempat service. Keluar duit lagi deh…. adoooohhhhh……. kala modal duit udah menipis, modal nekat jadi cara terakhir. Kalau cuma masalah software, nggak perlu sampai di bongkar laptop tersebut. Tapi kalau yang bermasalah hardware atau casing laptop, laptop tersebut harus dibongkar.

Seperti masalah yang saya alami beberapa waktu yang lalu. Engsel laptop saya mengalami masalah. Jadi untuk memperbaikinya laptop saya harus dibongkar. Dengan modal nekad, saya memberanikan diri untuk membongkar laptop tersebut (walaupun nggak pernah punya pengalaman membongkar laptop sebelumnya).

Alat yang diperlukan cukup obeng set (+ dan – dalam beberapa ukuran). Sesuaikan ukuran obeng dengan ukuran baut yang ada di laptop. Jangan sampai kebesaran atau kekecilan karena dapat merusak baut itu sendiri. Bisa makin susah buka laptopnya kalau udah rusak kepala bautnya.

Pertama, buka semua baut yang ada pada bagian bawah laptop. Khusus untuk baut yang menutup bagian harddisk dan ram, biasanya baut tidak bisa dicabut, hanya bisa dibuka (tergantung merk laptopnya, soalnya saya hanya membongkar laptop saya yang merk acer). Lepaskan baut sesuai permasalahan yang terjadi. Misalnya untuk keyboard, tidak perlu untuk melepaskan baut pada bagian belakang laptop. Cukup dengan mencongkel bagian tepi dari keyboard (tergantung dari model laptopnya).

Kalau yang bermasalah terdapat pada bagian dalam laptop, seperti masalah engsel pada laptop saya, perlu juga untuk mencongkel bagian sisi dari laptop setelah semua baut dilepas. Tapi sekali lagi, ini tergantung dari model dan merk laptopnya. Jadi harus disesuaikan dengan laptop masing-masing.

Intinya, dengan modal nekad anda bisa berhemat dan mendapat pengetahuan. Selamat mencoba. Sorry kalau nggak ada gambarnya. Soalnya nggak sempat d foto waktu bongkar kmaren..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s